Yuk Bersepeda, Gowes yang Menyehatkan

oleh -122 views
bersepeda
Bersepeda (sumber pexels.com)

Zonasik.com; Gowes-Gowes Menyehatkan- Bersepeda pagi-pagi pastinya sangat asyik, apalagi bila bersama keluarga atau teman-teman.

Pada awalnya fungsi sepeda sebagai sarana transportasi. Namun saat ini bersepeda termasuk kegiatan berolahraga sekaligus hobi. Orang ingin sehat tetapi dengan cara yang asyik. Salah satunya, mereka memilih gowes.

Bersepeda bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, anak-anak, remaja, dewasa, dan kalangan tua sekalipun. Liburan tak perlu yang mahal, di saat liburan panjang, anda bisa bergowes bersama keluarga tercinta.

Pada kondisi pandemi seperti sekarang ini, olahraga bersepeda berfungsi untuk menjaga imunitas. Bila teratur olahraga ini memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Misalnya dapat melindungi dari penyakit jantung, radang sendi, dan penyakit gula.

(Baca juga: Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19)

Berikut manfaatnya bersepeda yang dapat kami himpun sebagai bahan informasi.

Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia yang bekerja tanpa henti. Fungsi utamanya yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.

Bersepeda secara teratur akan meningkatkan otot-otot jantung yang kuat sehingga kesehatan jantung tetap terpelihara. Lakukan olahraga ini dengan step-step yang teratur dan berpola.

Jangan memaksakan bersepeda, apabila kondisi tubuh sedang tidak fit. Hal ini untuk menghindari resiko serangan jantung yang kerap muncul tiba-tiba.

Bersepeda mengurangi berat badan

Salah satu masalah kesehatan masyarakat saat ini adalah berat badan yang berlebih. Aktivitas statis menjadikan manusia saat ini memiliki tingkat aktivitas yang kurang.

Selain itu, faktor lain yang memperparah penyakit tersebut yaitu banyaknya mengkonsumsi makanan olahan yang tidak baik untuk kesehatan. Sehingga obesitas/kegemukan banyak melanda masyarakat saat ini.

Untuk mencegah hal tersebut lakukan dengan cara diet, namun untuk diet bukanlah perkara mudah. Butuh perjuangan. Salah satu diet tanpa menyiksa adalah dengan berolahraga yang bersifat hobi.

Bersepeda merupakan cara alternatif untuk mengurangi berat badan, sebab dapat meningkatkan tingkat metabolism tubuh kita. Selain itu juga dapat menguatkan otot dan membakar lemak tubuh. Tentunya menjadikan hidup sehat yang menyenangkan.

Bersepeda meminimalisir gula

Di masyarakat resiko diabetes yang paling banyak dialami adalah pengakit gula/Diabetes tipe 2.

Tipe ini banyak menyerang oleh para lansia, namun kini banyak juga pada usia remaja. Penyebab utamanya adalah aktivitas fisik yang kurang.

Bersepeda secara teratur merupakan salah satu solusi untuk meminimalisir risiko gula.

Meningkatkan kesehatan mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Perlu perawatan setiap saat. Kondisi kesehatan seperti depresi, stres dan kecemasan adalah problematika masyarakat saat ini.

Masalah hidup dan ekonomi merupakan penyumbang permasalahan mental saat ini. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengendarai sepeda secara teratur.

Bersepeda memiliki efek yang sama seperti rekreasi sehingga mendorong rasa bahagia, berjiwa sosial, dan rasa kebersamaan.

Menambah kekuatan kaki

Bersepeda tentunya menjadikan kekuatan tubuh bagian bawah, menjadi kuat. Saat kita menyayuh sepeda betis, paha, dan bagian-bagian kaki lainnya akan bergerak secara teratur.

Tentunya tidak hanya itu, bersepada juga membuat semua anggota tubuh untuk bergerak.

Maka dari itu, anda yang ingin hidup sehat tidak perlu ribet dan mahal. Pada kondisi pandemi seperti ini banyak orang melakukan olahraga.

Anda hanya perlu mempunyai sepeda, karena sekarang pemerintah sudah membuka jalur khusus untuk pesepeda. Jalur ini tidak untuk kendaraan lain, seperti mobil dan motor sehingga mengurangi resiko kecelakaan.

Dengan bersepeda kita bisa olahraga dan mengurangi interaksi langsung sebagai protol kesehatan, bisa meningkatkan imunitas tubuh, sekaligus rekresi. Selamat bergowes ria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *