Tempat Wisata untuk Para Pecinta Alam di Kabupaten Majalengka

oleh -300 views
Wisata alam bukit kanaga di Kabupaten Majalengka
Wisata alam bukit kanaga di Kabupaten Majalengka

Zonasik.com. Majalengka – Kabar baik bagi anda para pecinta wisata alam yang telah lama berdiam diri di rumah, selama masa pandemi corona. Kini, pemerintah sedikit melonggarkan aturan PSBB.

Tentunya kamu yang suka berpetualang, sudah tidak sabar untuk mengunjungi tempat-tempat wisata indah yang mampu menghilangkan rasa bosan dan suntuk bukan?

Pemandangan yang bukan hanya sekadar memanjakan mata, tetapi juga dapat melepas rasa lelah, rasa bosan, dan rasa suntuk.

Alam merupakan salah satu anugerah Tuhan yang indah, tidak hanya menyajikan keindahan saja melainkan alam juga menyediakan sumber daya bagi makhluk hidup.

Jika kalian para pecinta alam yang ingin menjelajahi alam, berikut tempat wisata alam rekomenasi di Kabupaten Majelengka.

 

Bukit Kanaga

 

Bukit Kanaga merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di kaki Gunung Ciremai bagian Barat.

Tepatnya di Blok Ciinjuk, Desa Cipulus, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka.

Bukit yang diapit oleh Sungai Cilutung dan Sungai Ciputri ini tentu cocok bagi kalian para pecinta alam.

Di Bukit Kanaga kalian bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan tentu akan memanjakan mata.

Suasana dari pohon pinus yang memberi kesejukan dan wangi yang khas membuat siapapun yang berkunjung ke sana akan merasa nyaman dan tenang.

Tempat tersebut sangat cocok bagi kalian para pecinta alam dan pecinta fotografi karena di sana terdapat spot yang indah untuk berfoto, salah satunya yaitu Perahu Apung.

Jika cuaca sedang baik, kalian bisa melihat keindahan Waduk Darma serta pemandangan dari perkebunan milik warga.

Bukit Kanaga juga cocok untuk dijadikan tujuan kemping bersama sahabat ataupun keluarga. Lokasinya yang berada di hutan pinus menjadikan suasana sejuk dan nyaman.

Poin penting lainnya yaitu di sana terdapat sumber air yang melimpah, sehingga kebutuhan selama kemping seperti memasak dan mencuci barang menjadi mudah.

Di sana, kita juga bisa melakukan kegiatan yang lain seperti bermain ayunan, memasang hammock untuk bersantai dan bermain dengan tali yang terikat di pohon pinus.

Selain itu, di pinggir Bukit Kanaga juga terdapat gazebo untuk bersantai dan menikmati suasana yang sejuk dan tenang.

Fasilitas lainnya yang tak kalah penting yaitu terdapat warung-warung, wc, dan mushola, sehingga kita tidak akan kesulitan dalam melaksanakan ibadah dan hal-hal lainnya.

Biaya tiket masuk ke Bukit Kanaga sangat terjangkau. Apabila kalian hanya sekadar bermain dan berfoto saja, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000,00 saja.

Jika kalian ingin melakukan kemping, hanya perlu membayar sebesar Rp20.000 saja, biaya itu sudah termasuk parkir. Dengan catatan peralatan camping seperti tenda dan peralatan lainnya membawa sendiri.

Baca juga: Pesona Wisata Curug Cipurut Wanayasa Purwakarta

 

Cigowong (Pantan)

Cigowong, masyarakat sering menyebutnya Pantan, terletak di Desa Ganeas, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka. Tempat ini merupakan sumber mata air bersih bagi masyarakat Talaga dan sekitarnya.

Cigowong bukanlah objek wisata resmi, tapi sumber mata air Cigowong ini sering dijadikan objek wisata alam karena memiliki pemandangan yang cukup indah.

Sumber mata air Cigowong ini sangatlah subur. Meskipun saat musim kemarau, air di Cigowong ini tetap ada.

Tempat ini sangat recommended bagi kalian para pecinta alam karena suasananya yang sejuk dan udaranya yang sangat segar.

Selain itu, suasana di Cigowong ini masih sangat terpelihara dan benar-benar alami. Di lingkungan sekitar terdapat pepohonan, rerumputan dan sumber mata yang lumayan jauh dari pemukiman warga.

Selain dapat menikmati pemandangan dan sejuknya udara segar, di sana kita juga bisa berenang di sumber mata air tersebut.

Sumber mata air ditembok seperti kolam renang, dan dibuat saluran irigasi. Kita juga bisa melihat secara langsung air yang keluar dari tanah.

Lokasi mata air ini lumayan jauh dari pemukiman warga, sehingga untuk menuju lokasi tersebut kita perlu berjalan kaki cukup lama sekitar 1 jam dari pemukiman warga.

Untuk menuju ke sana kita akan melewati jalan setapak yang di pinggirnya terdapat air yang mengalir. Di perjalanan kita bisa menikmati pemandangan indah yang berasal dari sawah dan juga kebun milik warga.

Nah bagi kalian para pecinta alam pastinya sudah tak sabar ingin menikmati sejuknya sumber mata air Cigowong ini bukan?

Tenang saja, untuk menuju kesana kita tidak perlu menguras dompet alias gratis. Cukup membawa baju ganti dan keperluan pribadi lainnya saja.

 

Penulis: Gina Nurmaolida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *