Pesona Dapur Harapan Nusantara, Sarana Ruang Pembelajaran Semua Kalangan Masyarakat

oleh -448 views
Dapur Harapan Nusantara
Dapur Harapan Nusantara

ZONASIK.COM, Purwakarta – Sebuah ruangan edukasi yang bernama Dapur Harapan Nusantara atau yang sering diakronimkan dengan nama DAHAN yang berdiri pada tahun 2019, kini mulai eksis di kalangan masyarakat khususnya di daerah Purwakarta.

Tak hanya itu, dari lintas kota pun banyak yang sengaja berkunjung ke DAHAN untuk mengenal lebih mengenai tempat tersebut.

Berada di bawah kaki Gunung Burangrang menjadikan Dahan memiliki spot alam yang menakjubkan dengan banyak tanaman yang tertata rapi seperti tanaman hias sekaligus macam-macam sayuran.

Bagi kalian yang ingin belajar menanam, tinggal datang berkunjung ke DAHAN yang berlokasi di Kampung Bojongloa, Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kab. Purwakarta.

Di Dapur Harapan Nusantara selain menyediakan ruang edukasi bertani, ada pula di bidang lainnya seperti seni, budaya dan literasi, dan tentunya sebagai ruang kreatif dan Silaturahmi.

Dapur-Harapan-Nusantara-2
Aktovitas di Dapur Harapan Nusantara

Salah satu kegiatan DAHAN yang sering dilaksanakan yaitu Hajat Tani dengan tema “Gotong Royong Reborn” setiap bulan Desember. Tujuan untuk memuliakan para petani, serta mengajak para generasi penerus agar tidak malu menjadi petani.

Acara Hajat Tani untuk pertama kalinya diselenggarakan bersama dengan HIDATA (Himpunan Pemuda Tani Purwakarta).

Di acara tersebut, para petani merasakan berbagai pertunjukan seni dan hiburan. Beberapa di antaranya seperti penampilan teater, silat, musik, tarian jaipong, seni lukis, dan berbagai macam perlombaan.

Jenis kegiatan lainnya yang telah terlaksana di tempat ini seperti Agustusan, Literasi, Peringatan Sumpah pemuda, Malam Renungan Tahun Baru, Kunjungan Dedi Mulyadi, Silaturahmi Club motor, BMX Bandung, KOPEL, Pameran Lukis.

Tentunya, DAHAN pun menginspirasi kaula muda yang ingin belajar sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Wahana Belajar bagi Semua Kalangan

Meskipun terbilang baru, DAHAN terus berkembang setiap waktunya. Berbagai instansi turut membangun kerjasama seperti kampus (Kuliah Kerja Nyata), instansi pendidikan mulai dari PAUD-SMA sering melakukan kegiatan di DAHAN. Memang, DAHAN kesannya seperti halnya sekolah alam.

Para pemuda lokal atau Baraya Dahan tentunya yang sering berkegiatan di sana. Mereka sering belajar banyak hal mulai dari belajar melukis, menari, membuat lagu sambil bernyanyi, teater dan masih banyak lagi.

Semua kegiatan diajarkan langsung oleh beberapa tokoh penggiatnya, seperti Kang Ferry Curtis (Duta Literasi Nasional), Kang Yusa (Pelukis Nasional), dan tak lupa Gode Tamsyah atau yang biasa disapa akrab dengan Wa Gode selaku pupuhu Dapur Harapan Nusantara dan orang-orang hebat lainnya.

Tentunya, di sana banyak ilmu-ilmu yang luar biasa untuk kita pelajari. Sebab, sejatinya manusia harus terus belajar, belajar, dan belajar yang berlaku sepanjang hidupnya.

Belajar tidak harus di sekolah saja, di jalanan sekali pun kita harusnya bisa mengambil pelajaran. Seperti dalam Al-Qur’an ada “Iqra” yang berarti bacalah. Karena hidup untuk belajar dan mengajar.

Dapur Harapan Nusantara selain ruang edukasi, bisa termasuk ke dalam wisata budaya yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Siapapun kamu, dari mana pun kamu, bagaimana pun kamu boleh datang ke sana untuk bertamasya atau ingin belajar di sana. Dapur Harapan Nusantara terbuka untuk seluruh Nusantara di Indonesia.

Penulis: Sofia Meilania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *