Pendidikan Karakter sebagai Pilar Negara

oleh -144 views
Pendidikan Karakter sebagai Pilar Negara
Pendidikan Karakter sebagai Pilar Negara

Pendidikan Karakter sebagai Pilar Negara – Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting, bahkan sangat dibutuhkan bagi kehidupan. Pendidikan sebagai peranan bekal kita di dunia, bahkan sampai akhirat. Seseorang yang tidak memiliki cukup pendidikan, akan sulit dalam menyelesaikan permasalahan dalam menjalani hidupnya.

Karakter adalah watak atau sosok pribadi yang mencakup perilaku dan tabiat orang tersebut. Baik buruknya seseorang akan terlihat dari nilai karakternya.

Pendidikan karakter akan menyempurnakan segala aspek kehidupan. Pendidikan karakter inilah yang akan dapat membimbing kita menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

(baca juga: Pengaruh Era Digital terhadap Pendidikan)

Kita ketahui, ketika seseorang memiliki pendidikan tapi tidak selaras dengan pendidikan karakter, maka orang tersebut akan melakukan suatu hal yang dapat merugikan bagi di rinya sendiri. Lebih parah lagi dapat merugikan suatu negara seperti halnya koruptor yang memakan uang rakyat.

Tapi sebaliknya, ketika kedua pendidikan tersebut seimbang, maka akan memajukan dan mengembangkan suatu bangsa dan negara.

Selain itu, di pendidikan saat ini, sangat disayangkan dimana masih ada proses belajar mengajar yang tidak terjadi dengan sesungguhnya. Masih ada guru yang hanya memberikan pelajaran yang asal-asalan, atau sebaliknya murid yang hanya duduk dan tidak menangkap materi dari gurunya.

Kurangnya kesadaran diri menimbulkan sikap hanya mementingkan diri sendiri. Mereka tidak sadar bahwa di masa depan hal tersebut akan menimbulkan permasalahan-permasalahan seperti kurangnya rasa tanggung jawab terhadap amanah pekerjaan.

Jika keadaan ini terus berkelanjutan, negara tidak akan mengalami kemajuan secara pesat. Negara akan terus-terusan mengalami beberapa masalah internal di masa yang akan datang. Sebagai contoh misalnya seperti pengangguran, sumber daya manusia yang kurang berkualitas, dan lain-lain.

Dengan adanya permasalahan-permasalahan yang akan timbul tersebut, semestinya semua aspek golongan masyarakat atau pemerintah tidak mengabaikan permasalahan tersebut. Karena ini adalah permasalahan serius yang akan berdampak menyeluruh dari atas sampai bawah.

Dengan demikian masalah ini harus cepat terselesaikan agar tidak menjadi masalah yang berkepanjangan.

 

Tanggung jawab Semua Pihak

 

Perlu adanya kerja sama pihak pemerintah dan warga masyarakat. Hal ini sangat penting untuk terwujudnya hasil yang memuaskan dengan kesadaran diri dalam peranannya masing-masing, baik dari pemerintahnya atau masyarakatnya dengan menyatukan tekad dan tujuan membangun suatu negara yang maju dan makmur.

Tentu saja dalam hal ini pendidikan karakter sangat di butuhkan untuk membentuk suatu pribadi yang berkualitas dan mampu bersaing di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Bukan hanya sumber daya manusia yang asal-asalan, tapi sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Bukan hanya sumber daya manusia yang unggul tapi akan ada terobosan-terobosan atau inovasi-inovasi baru yang akan memajukan suatu negara tersebut dan akan mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Maka dari itulah untuk generasi penerus bangsa pendidikan saja tidak cukup. Tapi, pendidikan karakterlah yang menyempurnakannya.

Kejujuran lebih penting, dan pendidikan karakter yang akan menjadi pilar suatu negara. Pendidikan karakter inilah yang akan mendorong dan menompang suatu negara yang nantinya akan terus berkembang dari masa ke masa menjadi negara maju, rakyatnya makmur.

(Baca juga: Daftar SMA atau SMK, tips memilih sekolah setelah lulus SMP)

“Pilar yang kokoh tidak akan berdiri dengan satu orang tapi saling bahu-membahu memotifasi satu sama lain sehingga saling terhubung, maka di situlah pilar yang kokoh berdiri’’.

 

Penulis: Suliyani Diningrum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *