Media Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19

oleh -109 views
belajar masa pandemi
ilustrasi belajar masa pandemi

 Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 – Pada kondisi saat ini, semenjak adanya pandemi covid-19 semuanya tatanan kehidupan berubah secara signifikan, termasuk di bidang pendidikan. Yang seharusnya belajar secara langsung (tatap muka) berubah menjadi online (daring), belajar di rumah, tanpa dampingan pengajar secara langsung.

Kondisi ini tentu tidak mudah. Bahwasannya mereka dituntut secara tidak langsung untuk menyediakan berbagai materi, agar materi tersebut dapat tersampaikan secara jelas oleh guru/dosen.

Pemilihan media pembelajaran menjadi salah satu strategi utama dalam persiapan proses pembelajaran. Sebab berhasil tidaknya suatu pembelajaran tentunya dipengaruhi media apa yang digunakan.

Ya, Inilah salah satu dampak dari adanya covid-19, yaitu terjadi perubahan transformasi media pembelajaran yang sebelumnya bertatap muka menjadi online (daring).

Dalam pembelajaran daring, pendidik maupun pelajar menggunakan media seperti classroom, google meet, zoom, moodle, LMS, dan lain-lain. Namun yang paling utama adalah bagaimana menyesuaikan penggunaan media tersebut agar menjadi menarik.

Guru harus kreatif mencari informasi dari berbagai sumber, menerapkan dengan variasi yang pas. Namun semua itu akan tercapai, apabila semua pihak siap dengan berbagai perangkatnya. Siswa minimal memiliki smartphone, atau handphone, laptop, atau bahkan komputer.

Faktanya, tidaklah segampang membalikkan telapak tangan, terdapat berbagai permasalahan seperti lingkungan yang tak tersentuh akses internet, tidak ada kuota, tidak memiliki perangkat, atau tidak memiliki sumber daya yang memadai. Secara umum, pembelajaran daring sebetulnya memiliki dampak positif dan negatif

 

Pengaruh pembelajaran Daring

 

Dampak positifnya menurut saya adalah sebagai berikut:

  1. Materi dapat diakses oleh pendidik dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya media pembelajaran daring seperti smartphone dan internet, pendidik dapat melakukannya di manapun dan kapanpun.
  2. Terhindar dari virus covid -19, karena pendidik melakukan pembelajarannya tidak secara tatap muka. Virus covid-19 dapat tersebar melalui saluran pernafasan dan interaksi manusia ke manusia penyebarannya sangat cepat. Tentunya dengan adanya pembelajaran daring dapat memutuskan rantai penyebaran covid -19.

Dampak negatifnya adalah :

  1. Kemungkinan masuknya virus yang dapat menyerang aplikasi-aplikasi ketika pembelajaran daring.
  2. Tidak tersedianya signal dan internet bagi sebagian pendidik
  3. Dengan keadaan domilisi tempat tinggal yang tidak memungkinkan untuk dapat melakukan pembelajaran daring.
  4. Tidak tersedianya media penggunaan daring seperti smartphone, laptop, bahkan komputer untuk mencari materi.

Jika melihat kondisi saat ini alangkah baiknya kita melakukan pembelajaran secara daring. Dengan begitu kita dapat mencegah dan memutus penyebaran covid-19. Tetap aman menjaga jaga jarak karena pembelajaran secara daring.

Penggunaan media pembelajaran daring memang perlu proses, namun seiring berjalannya waktu segala permasalahan akan bisa teratasi satu persatu. Dengan begitu, pemerintah seharusnya ikut turun tangan atau memberikan bantuan kepada semua bidang terutama bidang pendidikan untuk dapat menyediakan bantuannya berupa internet gratis.

Penulis: Tiffani Berliana Putri Triadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *