Kebal boikot Kanada, Turki Gunakan CATS lokal untuk Drone Bayraktar TB-2

oleh -179 views
kanada boikot turki Bayraktar TB-2
Bayraktar TB-2

ZONASIK.COM – Kanada melakukan boikot terhadap beberapa komponen Drone Turki, Bayraktar TB-2 milik Turki.

Hal ini berkaitan dengan pernyataan Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev yang menyatakan bahwa pihaknya telah menggunakan drone buatan Turki.

Menanggapi aksi boikot Kanada, Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan langsung mengajukan protes melalui panggilan telepon.

Langkah Kanada itu menurutnya sebagai tindakan yang tidak sesuai dengan semangaat aliansi. Turki dan Kanada sama-sama sebagai anggota NATO.

Bahkan, menurutnya selama tiga dekade ini Kanada telah mamasok peralatan dalam konfik di Yaman.

Produk yang ditangguhkan ekspornya yaitu system pencitraan dan penargetan CATS yang diproduksi oleh L3Harris Westcam. Sebuah perusahaan yang berbasis di Kanda.

Rekaman pemerintah Azerbaijan memperlihatkan sistem CAT, pada bayraktar Tb-2 telah secara signifikan menargetkan dan menghancurkan target Armenia dengan tepat.

Drone mampu memukul dan menghancurkan ratusan target yang memaksa pasukan Armenia mundur.

Kiprah Drone kombatan milik Turki tersebut kini menjadi primadona di medan laga. Tidak hanya di Nagorno Karabakh.

Sebelumnya, drone ini juga telah beroperasi di beberapa front, seperti di Suriah dan Libia dan mencapai kesuksesan.

Boikot Kanada tidak lantas membuat Turki diam. Saat ini Turki memiliki beberapa perusahaan lokal yang mampu menggantikan elemen penting seperti kamera CATS tersebut.

Beberapa video memperlihatkan bayraktar tb-2 dengan menggunakan CATS buatan Turki telah berhasil menguji coba pada suatu target dengan tepat sasaran.

Sebuah perusaahaan ternama, Aselsan telah menyediakan untuk menggantikan kamera CAT yang diboikot oleh Kanada.

Aselsan adalah sebuah perusahaan elektronik yang telah memproduksi berbagai jenis peralatan pertahanan seperti sistem Koral, kulak, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, Turki juga memiliki perusahaan pertahanan lainnya, seperti TAI yang membuat helicopter Atak dan Roketsan yang memproduksi berbagai jenis rudal.

Selain itu, Turki juga memiliki perusahaan yaang produksi berbagai jenis mesin, Tusas Engine, salah satunya adalah tipe mesin PD-170 untuk drone Anka dan Bayraktar TB-2.

Perkembangan Teknologi Pertanahan Turki

Turki dalam beberapa tahun ini telah berupaya untuk mengurangi ketergantungan kepada negara lain. Kemandirian Turki di bidang pertahanan terbukti dengan masuknya beberapa perusahaan milik turki dalam daftar 100 perusahaan pertahanan top dunia.

Dalam masa ini, menurut daily sabah turki kini telah meningkatkan produksinya di bidang pertahanan dengan 700 proyek dan menekan ketergantungan kepada pihak asing dari 70 menjadi 30 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *