Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19

oleh -90 views
GAYA HIDUP SEHAT DI MASA PANDEMI COVID-19
GAYA HIDUP SEHAT DI MASA PANDEMI COVID-19


Zonasik.com– Virus Covid-19 adalah penyakit yang menular. Cara penularannya dari orang ke orang akan terjadi ketika yang terinfeksi batuk atau bersin, mirip dengan Influenza yang dapat terhirup ke dalam paru-paru.

Penularan virus corona covid-19 dapat juga terjadi dengan menyentuh permukaan atau objek yang memiliki virus. Kemudian orang tersebut tanpa sadar menyentuh mulut, hidung atau mungkin mata mereka sendiri.

Virus corona covid-19 berimbas kepada semua elemen-elemen dari mulai masyarakat bawah sampai masyarakat menengah ke atas. Contohnya: para pedagang yang gulung tikar karena tidak bisa berjualan oleh aktivitas yang yerbatas, karyawan pabrik yang di PHK sehingga miningkatnya angka pengangguran dan lain-lain.

Pencegahan virus corona covid-19 dapat terlaksana dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan melalui kebiasaan baru seperti 3M :

  1. Memakai masker
    Selalu memakai masker saat akan ke luar rumah, beraktivitas dan bepergian. Usahakan menggunakan masker yang berstandar SNI dan hindari penggunaan masker kain. Penggunaan kain hanya untuk 4 jam saja.
  2. Mencuci tangan
    Meskipun sederhana mencuci tangan akan membuat semua virus yang menempel di tangan mati maka, selalu mencuci tangan pakai sabun saat hendak memegang barang atau sesudahnya dan pakailah hand sanitizer. Apabila telah bepergian, usahakan untuk langsung mencuci pakai dan tidak menyimpannya di ruangan.
  3. Menjaga jarak
    Menjaga jarak 1-2 meter dan hindari kerumanan.

Gaya hidup sehat seperti inilah yang harus selalu dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan wabah virus corona covid-19.

Maka dari itu “Ayo” kita semua harus menerapkan gaya hidup sehat dalam masa pandemi covid-19. Ini sebagai salah satu cara yang sering saya terapkan setiap hari, saat di rumah bersama keluarga, lingkungan kerja dan saat akan beraktivitas ke luar rumah.

Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *